8b_Rangkuman Berpikir Komputasional

November 30, 2023






Salam sobat Saiful bahr

perangkat lunak aplikasi dan fitur aplikasi

       Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (disingkat aplikasi) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri. Aplikasi biasanya digunakan oleh pengguna yang biasanya disebut and-user. Aplikasi hanyalah sebuah program yang harus dikenali oleh pengguna jadi ya Kita sebagai pengguna harus tahu dulu ke kegunaan aplikasi tersebut apa dan tujuannya untuk apa. Nah sekarang kita akan pelajari lebih jauh tentang isi dari aplikasi pada umumnya.

•> objek aplikasi

    Setiap aplikasi mempunyai objek utama yang dikelola, misalnya:

•aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang terutama terdiri atas teks yang berada dalam halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lain-lain.

•aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengolah sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang di dalamnya dapat berisi angka, teks, formula (rumus), dan lain-lain.

•aplikasi presentasi digunakan untuk mengelola sekumpulan slide untuk untuk mempresentasikan sesuatu kepada orang lain yang utamanya berisi teks dan gambar dll.

Objek aplikasi akan disusun secara terstruktur dan mempunyai hubungan satu sama lain. Objek atau potongan objek dari sebuah aplikasi dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain baik dalam ataupun luar program itu sendiri titik untuk memindahkan objek kita bisa menggunakan perintah cut atau copy dan paste. Objek utama aplikasi diolah sementara pada jendela aplikasi yang terbuka dan hanya ketika jendela aplikasi itu terbuka saja. Ketika kita menutupnya maka yang hilang oleh karena itu ada fitur save sehingga kita bisa menyimpan dalam bentuk file untuk dibuka kembali kemudian hari.



Setiap file yang dibuat oleh aplikasi tertentu akan memiliki ekstensi yang berbeda-beda ya misalnya:

•file dari aplikasi pengolah kata disimpan dalam format .doc, .docx..rtf,.odt, atau format lainnya.

•file dari aplikasi pengolah lembar kerja simpan dalam format .xls, xlsx, .odd,.csv atau format lainnya.

•file dari Aplikasi pengelola bahan presentasi (slides) disimpan dalam format.ppt, .pptx, .odp atau format lainnya.

•file gambar dengan representasi data berupa bitmap yang disimpan dalam format .png, .BMP, .jpeg.

•file gambar dengan representasi data berupa faktor yang disimpan dalam format svg.

•file. PDF adalah file dalam format yang portable, dan dapat diproses oleh aplikasi apapun.

•file text murni, hanya dalam deretan karakter yang disimpan dalam format. Txt atau. HTML (siap ditampilkan oleh web browser)

Antarmuka kebanyakan aplikasi itu mirip-mirip karena sudah berbasis GUI (graphical user interface) 

laboratorium Maya adalah laboratorium yang dibuat secara Maya dengan menggunakan komputer laboratorium mayat pertama hadir dengan nama virtual Labora torium physiologi pada tahun 1977

Laboratorium ini terus berkembang dari ilmu fisiologi keilmuan hayat ilmu pengetahuan umum, seni, dan sastra.

Pada tahun 2000 proyek ini dimasukkan ke dalam proyek penelitian c experimen talization of Life yang didanai oleh flog wagin foundation.

Pada tahun 2002 ,versi pertama dari laboratorium virtual online

Demikian tulisan saya salam Sobat tentang Rangkuman Teknologi Informasi dan Komunikasi, untuk lengkapnya bisa di lihat di link Klik disini

Semoga bermanfaat salam Sobat terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8b_Rangkuman Sistem Komputer

8b_Peringatan maulid nabi